loading...

TAUKAH ANDA???Inilah Alasan Mengapa Tatoo itu Haram dan Dilarang, Wajib Dibaca Sebelum Menyesal!!

Belakangan ini banyak kita lihat baik itu di media cetak maupun televisi, laki-laki dan perempuan memamerkan tato mereka. Dengan mudah pula kita melihat para artis, atlet, tukang parkir, pemain bola dari dalam maupun luar negeri hampir semua bertato. Bahkan anak-anak kecil yang duduk di bangku sekolah dasar yang notabene orang tua mereka beragama Islam, juga ikut-ikutan bertato walaupun tidak permanen. Sekedar untuk bergaya, katanya. Bahkan orang tua mereka mendiamkan saja anak- anak mereka berbuat seperti demikian tanpa diberi pengarahan yang jelas mengenai tato tersebut. Entah mereka tahu atau belum faham bagaimana sebenarnya hukum tato dalam agama Islam.


Bagaimana Hukum Tato Dalam Agama Islam?

Dari Alqomah dari Abdullah bin Mas’ud, beliau mengatakan,
“Allah melaknat wanita yang menjadi tukang tato dan wanita yang minta ditato, wanita yang mencabuti bulu alis dan wanita yang minta agar bulu alisnya dicabuti, demikian pula wanita yang merenggangkan giginya demi kecantikan. Merekalah wanita-wanita yang mengubah ciptaan Allah” (HR Bukhari no 4604 dan Muslim no 5695).
Semua perbuatan yang pelakunya diancam dengan laknat adalah dosa besar.

Tidak disangsikan lagi bahwa hadits di atas dalil bahwa mentato adalah perbuatan yang nilainya dosa besar baik dilakukan oleh perempuan ataupun laki-laki.
Perempuan secara khusus disebutkan dalam hadits di atas karena menimbang bahwa yang paling banyak bertato di masa silam adalah kalangan perempuan.

Dosa besar yang ada dalam masalah tato bukan hanya diperuntukkan untuk pelaku (baca: tukang tato) namun juga didapatkan oleh objek tato.
Tato Non Permanen (Tempelan)
Abu Malik Kamal bin al Sayid Salim mengatakan,
“Di zaman ini muncul tato model baru yaitu tato yang dicapkan dan dilukis pada kulit, tidak dimasukkan ke dalam kulit. Tato model ini dibolehkan dengan syarat jika tidak membahayakan kulit dan tidak diperlihatkan kepada selain suaminya. Kita katakan boleh karena hal tersebut tidak termasuk mengubah ciptaan Allah maka semisal dengan pacar untuk kuku atau rambut. Meski demikian yang lebih baik adalah meninggalkannya karena menyerupai orang yang benar-benar bertato” (Fiqh Sunnah lin Nisa hal 427, Maktabah Taufiqiyyah Mesir).

Alasan Tato itu Haram dan Dilarang

1. Dilarang Mengubah Ciptaan Tuhan

Tuhan Sang Maha Pencipta telah menciptakan makhluk-makhlukNya dalam kondisi dan bentuk yang paling sempurna. Susunan dan keteraturan yang telah diatur olehNya sangat indah. Kita diberikan dua mata, dua telinga, 1 hidung, 1 mulut, serta diberikan kulit yang bersih saat dilahirkan ke dalam dunia ini. Itulah bentuk ciptaan-Nya yang asli.

Lalu saat kita mentato, berarti ada suatu bagian tubuh kita yang berubah, dalam artian kulit yang tadinya bersih tapi sekarang ada gambar ular naga raksasa atau kulit yang tadinya mulus tiba-tiba muncul gambar tato hello kitty, dan seterusnya. Dan ini harus kita pertanggung jawabkan semuanya di alam kubur dan akhirat nanti saat kembali kepada-Nya.

2. Di tato dan Mentato itu Haram
Tuhan mengancam akan melaknat siapa saja yang berani melakukan aktifitas tato, baik yang mentato maupun yang meminta untuk ditato. Melebar sedikit, dan juga Allah SWT melaknat bagi para wanita yang menyambung rambutnya (hair extention).

3. Tato itu adalah Najis
Mengapa najis? Karena bercampur dengan darah, suatu zat yang najis. Saat orang ditato, tinta tato yang dimasukkan ke dalam tubuh akan bercampur dengan darah yang ada di dalam tubuh, sehingga gambar yang keluar di tangan adalah campuran antara tinta tato dengan darah yang ada di dalam tubuh. Jadi, di bagian luar tubuh kita terdapat darah kering yang telah tercampur dengan tinta yang membentuk tato. Lalu di saat kita shalat ataupun mengerjakan ibadah lainnya, maka shalat kita tidak sah karena adanya najis yang melekat, yaitu tato tersebut (karena bercampur dengan darah).

Sebelum beratato pikir-pikir dulu dan lihat pengaruh jangka panjangnya dalam kehidupan Anda. Tato bukanlah hal yang baik. Mungkin memang ada beberapa dari kita yang ingin memiliki tato hanya karena trend atau ikut-ikutan, tapi percayalah bahwa itu semua hanya sementara saja. Mungkin tahun depan orang yang bertato sudah bosan dan malah ingin menghilangkan tato tersebut, dan berdasarkan survey lebih dari 50% orang yang bertato merasa menyesal dan ingin menghilangkan tato tersebut. Ini belum lagi dampak penyakit-penyakit berbahaya yang bisa muncul dari tato tersebut, dari mulai HIV/AIDS, hepatitis C.



DOMAIN,FOREX,SEO,CAR,HEALTH,HOME DESAIN